Senin, 12 Mei 2008

Ujian sisipan e-business

JAWABAN UJIAN SISIPAN

Nama : Erika Bakti Raejeli

NRP : 1.413.010

Mata Ujian : ELECTRONIC BUSINESS

Dosen : Didit Damur Rochman, ST.,MT

MAGISTER MANAJEMEN- UNIV.WIDYATAMA

ANGKATAN XIV

1. Pengetahuan paling penting yang didapat pada perkuliahan ini adalah lebih kepada mengetahui apa yang dimaksud dengan e-business, e-commerce dan bagaimana cara pengimplementasiannya.

Yang telah dipelajari dari perkuliahan ini diantaranya cara membuat suatu blog, bagaimana mengaplikasikan e-commerce sehingga dapat menjadi salah satu sarana usaha dalam membentuk e-business.

Berpengaruh sangat besar baik terhadap diri sendiri maupun pekerjaan, karena memberikan dan membuka wawasan dengan lebih luas mengenai keuntungan dari berbisnis secara elektronik dalam dunia maya, serta memberikan juga memberikan pengetahuan mengenai bagaimana caranya memulai suatu bisnis secara elektronik dan hal ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu sangat mempengaruhi kehidupan yang sedang dijalani saat ini.

2. Dengan memberikan pengetahuan mengenai keuntungan dan kelebihan yang dapat diberikan oleh teknologi e-bisnis ini, maka mendorong suatu organisasi untuk mencoba mengaplikasikan teknologi ini ke dalam organisasi sebagai suatu sarana promosi maupun bisnis sehingga dapat merasakan secara langsung manfaat yang diberikan oleh teknologi tersebut. Oleh karena itu, hal ini dapat mengubah pemikiran organisasi terhadap teknologi e-business ini.

3. Kepercayaan sangat penting pada E-business karena e-business lebih mengacu kepada strategi yang berfokus pada keuntungan dari penggunaan kapabilitas elektronik dengan bantuan peralatan telekomunikasi dan terjadi dalam dunia maya dimana antara customer dan supplier tidak bertemu secara langsung. Sedangkan didalamnya terjadi bisnis proses mulai dari electronic purchasing and supply chain management, processing orders electronically, handling customer service, and cooperating with business partners.

Amazon dan Yahoo memberikan jaminan kepercayaan terhadap merchant yang menggunakan fasilitasnya diantaranya dengan memberikan security insurance guarantee terhadap semua transaksi yang dilakukan setiap merchant didalam Amazon dan Yahoo, sehingga merchant merasa yakin dan nyaman dalam melakukan transaksi di dalamnya.

4. E-commerce sangat penting di dalam e-business karena E-Commerce; Memungkinkan pelanggan untuk membeli barang dan menyediakan informasi untuk mempertemukan pelanggan dengan penyedia layanan. Hal ini termasuk memproses transaksi, memverifikasi informasi pembayaran, menyediakan sekuriti dan perdagangan yang memungkinkan. Home banking dan home shopping termasuk kategori layanan ini. Termasuk juga aplikasi business to business (seperti supply chain management dan aplikasi knowledge management).

Konvergensi teknologi dengan berbagai macam aplikasi dan kemudahan yang ditawarkan akan memberikan tantangan baru bagi para operator telekomunikasi. Konvergensi teknologi memberikan banyak sekali pilihan teknologi yang memberikan peluang bisnis baru dengan variasi layanan yang amat luas. Dalam beberapa tahun ke depan kita akan menyaksikan konvergensi produk dan layanan baru yang merupakan hasil evolusi teknologi khususnya NGN.

Berikut gambaran konvergensi teknologi terhadap beberapa aspek kehidupan manusia.


Gambar 1. Konvergensi Teknologi

Pada diagram diatas terdapat 6 aktifitas pokok kehidupan manusia modern yang akan menuju konvergensi sehingga akan muncul layanan dan life style baru yang lebih dinamis. Di lain pihak, trend teknologi NGN menuju IMS (IP Multimedia Subsystem) akan membawa dampak pula terhadap trend jenis layanan yang akan berkembang. Trend layanan tersebut adalah layanan yang berupa konvergensi layanan wireless dan wireline yang bisa saling dikombinasikan satu sama lain dalam waktu yang bersamaan atau simultan.

5. ERP menjadi tulang punggung dari operasi E-business karena ERP merupakan sistim terintegrasi yang mempunyai tujuan merangkum bisnis proses yang ada sehingga menjadi satu kolaborasi yang effisien dan effektif dan sistim tersebut di dukung dengan teknologi informasi dan dapat menghasilkan informasi yang menunjang perusahaan menjadi lebih kompetitif. ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce.

Karena dalam perusahaan saya masih sederhana dan belum menggunakan system ERP dalam operasionalnya, maka saya menganalogikannya dalam operasional yang dilakukan pada system IT yang diterapkan pada jasa air lines.

Tidak ada komentar: